Teacher's understanding of the scientific approach in the 2013 curriculum for early childhood education

Rohita and Fitria, Nila and Bustan, Radhiya and Haryadi, Dody (2018) Teacher's understanding of the scientific approach in the 2013 curriculum for early childhood education. Jurnal Obsesi, 2 (2). pp. 237-246. ISSN 2549-8959

[img] Text (Article's Content)
ILS0056-21_Isi-Artikel.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Archive (Peer Review)
ILS0056-21_Penilaian-Sejawat.pdf - Supplemental Material

Download (654kB)
Official URL: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru tentang pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 PAUD. Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara. Responden adalah 100 guru dari 100 TK di 5 wilayah DKI Jakarta. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman guru TK tentang kurikulum 2013 PAUD berada pada kategori pemahaman menerjemahkan yang bermakna bukan hanya pengalihan (translation) arti dari bahasa yang satu ke dalam bahasa yang lain tetapi juga dari konsepsi abstrak menjadi suatu model, yaitu model simbolik untuk mempermudah orang mempelajarinya, dalam hal ini mudah mempelajari konsep pendekatan saintifik yang meliputi 5 langkah saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan, sehingga akan mudah pula untuk dipelajari dan diterapkan dalam proses pembelajaran yang ditandai dengan 61% responden mampu menjelaskan pendekatan saintifik, dan 7.14% responden mampu menjabarkan pendekatan saintifik pada RPPH dengan benar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: 2013 curriculum, kindergarten teacher, scientific approach
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Depositing User: Rifda Jilan
Date Deposited: 30 Apr 2021 22:47
Last Modified: 30 Apr 2021 22:47
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item