Fidesrinur (2009) Demokrasi pendidikan: suatu budaya yang sedang diperjuangkan. Other. Universitas Al Azhar Indonesia.
Text (UAI)
- Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (0B) |
Abstract
Uji coba berbagai pola pendekatan keterlibatan masyarakat dalam pendidikan mulai dari pendidikan terpusat, berbasis sekolah dan berbasis masyarakat merupakan refleksi proses pencarian bentuk demokrasi pendidikan ala Indonesia. Dalam proses ujicoba ini akan terjadi berbagai persoalan pelik karena adanya penolakan terhadap pola pendidikan baru yang disebabkan oleh telah mengakarnya pola pendidikan sebelumnya. Disamping itu penolakan juga terjadi karena ketidakpastian arah budaya pendidikan baru karena belum kuatnya dasar budaya pendidikan sebelumnya. Buktinya banyak guru yang bingung karena kebijakan pendidikan selaln berubah-ubah tanpa diikuti dengan evaluasi yang memadai terhadap efektivitas program guna membuktikan apakah program pendidikan sebelumnya telah berhasil atan gagal. Ketidakjelasan demokratisasi pendidikan ini berujung pada bentuk partisipasi yang diharapkan dati masyarakat, dari berbagai kalangan masyarakat dengan segala keragaman yang ada dimilikinya. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa demokrasi pendidikan merupakan suatu alternatif pendidikan yang masih perlu diperjuangkan walaupun demikian, ini belum tentu merupakan alternatif terbaik bagi pendidikan apapun dan untuk siapapun. Untuk itu dalam membangun kesadaran dan partisipasi aktif setiap individu diperlukan kesadaran pendidikan yang berproses mulai dari usia dini dalam keluarga dan masyarakat serta pendidikan formal di sekolah yang saling memperkuat. Dalam kaitan itu maka pendidikan keluarga merupakan bagian penting untuk membentuk dasar partisipasi masyarakat dalam pendidikan demokratis dengan dukungan pendidikan yang berkelanjutan. Disamping itu pola pendidikan demokrasi harus mengedepankan keberagaman ideologi, politik, sosial, budaya, dan agama serta mencitrakan pendidikan terpilih yang memperkuat identitas budaya yang kondusif dalam kerangka global yang makin kompetitif.
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Additional Information: | Identifier : IL 370 Fid d Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International |
Subjects: | Library of Congress Subject Areas > Library of Congress Subject Areas > Education--Indonesia |
Divisions: | Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) > Fakultas Psikologi dan Pendidikan (FPP) > Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
Depositing User: | Rahman Pujianto |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 05:30 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 11:59 |
URI: | http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1308 |
Actions (login required)
View Item |