Implementasi arsitektur teknologi Zachman framework untuk membangun sistem knowledge management portal pada BNI Syariah

Rediani, Imelda (2011) Implementasi arsitektur teknologi Zachman framework untuk membangun sistem knowledge management portal pada BNI Syariah. Other thesis, Universitas Al Azhar Indonesia.

[img] Text (UAI) - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (0B)
Official URL: http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detai...

Abstract

Suatu bank Syariah dikatakan berhasil memenangkan kompetisi bisnisnya jika bank tersebut mampu memenuhi permintaan dan kebutuhan masyarakat dengan mengembangkan jasa-jasa keuangan yang lebih baik, menarik dan menyenangkan daripada kompetitornya yaitu bank-bank konvensional dan sesama bank Syariah, sekaligus mampu mengadaptasi diri dengan setiap perubahan lingkungan. Pengetahuan yang tersimpan dalam pikiran manusia di dalam internal perusahaan merupakan aset yang harus dijaga dan dikembangkan demi mempercepat pencapaian tujuan bisnis perusahaan. Untuk itu diperlukan sebuah pengelolaan, agar pengetahuan yang tersimpan dapat bermanfaat dan menghasilkan pemikiran-pemikiran inovatif dalam persaingan di dunia perbankan khususnya perbankan syariah yang mulai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Maka dari itu, agar tetap menjaga kepercayaan dan keeksistensian di dunia perbankan Syariah, BNI Syariah harus selalu meningkatkan kualitas kinerja karyawan di dalam perusahaan dengan secara efektif menerapkan KM dan mengelola pengetahuan yang dimiliki. KM tersebut didapat melalui penerapan budaya pembelajaran di dalam organisasi/tim, mendokumentasikan pengetahuan yang dimiliki, berbagi pengetahuan agar terciptanya pengetahuan yang baru. Output yang dihasilkan yaitu sebuah KM Portal BNI Syariah yang bermanfaat sebagai sarana yang bertujuan untuk mencari, menyimpan, mengumpulkan dan mendaur ulang kembali pengetahuan yang dimiliki individu internal yang bertujuan untuk memudahkan seluruh instansi pada BNI Syariah agar pengetahuan yang dimiliki dapat terkumpul dan terserap merata guna menumbuhkan ide-ide inovatif, terkait peningkatan daya saing di dalam dunia perbankan Syariah, dengan terlebih dahulu mengadakan penelitian dan mengumpulkan sejumlah data yang sesuai dengan kebutuhan dari proses bisnis BNI Syariah. Dalam analisa perancangan sistem dan implementasinya, penulis menggunakan teori konversi knowledge proses SECI Nonaka Takeuchi, yaitu dari tacit-tacit (socialization), tacit-explicit (externatization), explicit-explicit (combination) dan explicit-tacit (internalization) untuk pembuatan proses bisnis KM, metode Enterprise Architecture Zachman Framework untuk perancangan arsitektur teknologi KMS, metode OOP Unified Modeling Language (UML) untuk analisa perancangan sistem serta kolaborasi CMS Drupal dan bahasa pemrograman PHP untuk tahap implementasi sistem KM Portal berbasis web.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Identifier : IF 11 048 Language : Indonesia Copyright : Attribution 4.0. International
Subjects: Library of Congress Subject Areas > Skripsi
Library of Congress Subject Areas > Skripsi

Library of Congress Subject Areas > Knowledge management--Case studies
Divisions: University Structure > Universitas Al Azhar Indonesia > Universitas Al Azhar Indonesia - Fakultas Sains dan Teknologi
Depositing User: Rahman Pujianto
Date Deposited: 19 Jul 2018 05:15
Last Modified: 19 Jul 2018 05:15
URI: http://eprints.uai.ac.id/id/eprint/1033

Actions (login required)

View Item View Item